24 Agustus 2020

Mengenal Git (Bagian 2)

Sebelumnya kita sudah bahas konsep dasar Git, yang belum baca silahkan baca disini. Pada sesi ini kita akan bahas tentang Branch, yaitu pencabangan dalam proses pengembangan. Kita dapat menggunakan operasi ini untuk memotong proses pengembangan menjadi dua arah yang berbeda. Misalnya, kita merilis produk untuk versi 6.0 dan dan mungkin ingin membuat cabang sehingga pengembangan fitur 7.0 dapat tetap terpisah dari perbaikan bug 6.0.

Membuat Branch

Dewi membuat cabang baru menggunakan perintah git branch . kita dapat membuat cabang baru dari yang sudah ada. kita dapat menggunakan komit atau tag tertentu sebagai titik awal. Jika ID komit tertentu tidak disediakan, maka cabang akan dibuat dengan HEAD sebagai titik awal.


Branch baru terbuat; Dewi menggunakan perintah git branch untuk mendaftar branch yang tersedia. Git menunjukkan tanda bintang sebelum branch yang saat ini diperiksa.

Gambar berikut menggambarkan proses pembuatan branch :

Beralih antar Branch

Jerry menggunakan perintah checkout git untuk beralih antar cabang.

Membuat Branch Baru dan Beralih ke Branch Baru

Dalam contoh di atas, kita telah menggunakan dua perintah untuk membuat dan mengganti branch, masing-masing. Git menyediakan opsi –b untuk perintah checkout; operasi ini membuat branch baru dan segera beralih ke branch baru.

Menggabungkan Dua Branch


Contoh kasus, Wati menambahkan sebuah fungsi pada brach master, Wati kemudian melakukan commit dan push dengan membuat branch baru bernama "new branch" untuk fungsi yang ditambahkannya itu. Sehingga gambarannya sepertiberikut ini

Setelah melakuan review terhadap kode tambahan yang dibuat Wati, Budi sebagai admin menilai fingsi tersebut penting dan memutuskan untuk menggabungkan ke branch Master. Sehingga setelah di gabungkan ke branch master, gambarannya menjadi seperti berikut ini.


Perintah ReBase

Perintah Git rebase adalah perintah penggabungan cabang, tetapi perbedaannya adalah ia memodifikasi urutan komit.

Perintah Git merge mencoba menempatkan komit dari branch lain di atas HEAD branch lokal saat ini. Misalnya, branch lokal kita telah melakukan A−> B−> C−> D dan branch gabungan telah melakukan Commit A->B−> X−> Y, maka git merge akan mengubah branch lokal saat ini menjadi seperti A-> B−> C−> D−> X−> Y

Perintah Git rebase mencoba mencari tahu leluhur antara branch lokal saat ini dan branch gabungan. Kemudian mendorong komit ke branch lokal dengan memodifikasi urutan commit di branch lokal saat ini. Misalnya, jika branch lokal kita memiliki komit A−> B−> C−> D dan branch gabungan telah komit A−> B−> X−> Y, maka Git rebase akan mengonversi branch lokal saat ini ke menjadi A− > B−> X−> Y−> C−> D.

Ketika beberapa pengembang bekerja pada repositori jarak jauh tunggal, kita tidak dapat mengubah urutan komit di repositori jarak jauh. Dalam situasi ini, kita bisa menggunakan operasi rebase untuk menempatkan komit lokal kita atas komit repositori jarak jauh dan kita bisa mendorong perubahan ini.

Reverensi video yang cukup bagus untuk pengenalan git bisa disimak disini.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar